Kebudayaan orang-orang timur juga sangatlah kental, kita ambil saja contoh Indonesia. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan kebudayaan lebih dari 1000 suku bangsa ada di dalam NKRI. Masyarakatnya pun masih sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaannya masing-masing. Hal ini sangatlah bagus sebab hal ini dapat menjadi alat kontrol mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Kehidupan orang-orang timur dikenal patuh terhadap aturan-aturan yang memang belaku di negara mereka masing-masing.Melakukan segala hal dengan penuh kehati-hatian. Tidak seperti bangsa barat, dalam menjalani kehidupan bangsa barat terkenal sangatlah bebas. Mereka dapat berbuat apa saja tanpa khawatir terhadap resiko yang akan menimpa mereka. Bebas dalam pergaulannya, bebas dalam segala aktivitas sehari-hari.Contoh saja Amerika, di Amerika “kumpul kebo” tidak menjadi masalah bagi lingkungan sekitar atau masyarakat yang ada di sekitar. “Kumpul kebo” di Amerika menjadi hal yang wajar-wajar saja. Tetapi sebaliknya bagi bangsa timur “kumpul kebo” merupakan hal yang sangat tabu karena perbuatan itu merupakan hal yang sangat melenceng dari norma agama. Dalam hal ini bangsa timur lebih menjaga sikap dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari.

Bangsa timur memiliki karakter dan kepribadian yang kuat yang menjunjung tinggi nilai-nilai dan norma-norma sosial. Berbeda dengan bangsa barat yang sangat indivuidualis dalam berkehidupan, orang-orang bangsa timur sangatlah memiliki jiwa sosial yang tinggi. Sifat yang saling bekerjasama dan saling bergotong royong dalam menjalani hidup ini. Namun dalam seiring waktu berjalan kerpribadian bansa timur saat ini sudah banyak dimasuki oleh pengaruh globalisasi yang datang dari bangsa barat,. Saat ini tidak sedikit orang-orang timur yang sudah melupakan norma-norma sosial yang ada. Pengaruh tersebut sangatlah buruk. Globalisasi sangatlah bagus bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi suatu bangsa tapi sifat-sifat atau kebiasaan bangsa barat janganlah sampai kita tiru juga contohnya dalam masalah pergaulan dan gaya hidup.

Jadi intinya kepribadian orang-orang timur sangatlah kental tetapi saat masuk era globalisasi semuanya menjadi berubah atau memudar. Sekarang tugasnya generasi muda lah untuk mampu memunculkan kepribadian itu.Kita boleh saja menerima pengaruh globalisasi dari bangsa barat tapi kita jangan biarkan pengaruh bangsa barat dapat berubah kebiasaan orang-orang timur. Kita harus dapat mengontrol atau memfilterisasi budaya atau apa saja yang masuk dalam negara kita.